TINDAKAN PADA KEDARURATAN


      Mengenali Kedaruratan

Penonton atau orang berada didekat korban dan baerda disekitar kejadian. Untuk membantu dalam suatu kedaruratan, yang harus dilakukan pertama kali oleh seorang penonton adalah memperhatikan bahwa ada sesuatu yang salah, biasanya penampilan atau perilaku seseorang atau sekitarnya dapat menunjukan sesuatu yang tidak lazim.

  Memutuskan untuk Menolong

Setiap orang harus memutuskan apakah harus membantu korban atau tidak. Waktu yang paling penting dalam membuat keputusan untuk membantu adalah sebelum Anda pernah menemukan kedaruratan.

–      Memperkirakan Situasi

Jika anda berada dalam situasi kedaruratan, hal pertama yang harus dilakukan adalah lakukan survey situasi secara singkat selama beberapa detik. Hal yang harus anda pikirkan selama melakukan survey singkat :

1)    Bahaya yang dapat membahayakan anda, korban, atau penonton.

Sebelum mendekati korban, perhatikan area sekitar untuk melihat hal-hal berbahaya dapat terjadi. Lakukan identifikasi bahwa lokasi telah aman.

2)   Impresi (kesan)

Menilai apakah cedera atau penyakit berat atau minor.

3)   Banyaknya orang yang terlibat

Mungkin anda akan menemukan korban lebih dari satu. Hal yang harus anda lakukan adalah carilah korban lain dan tanyakan pada orang yang ada disekitar lokasi korban.

  Telepon 118 atau Layanan Medis Darurat

Orang awam sering mengambil keputusan yang salah dalam menghubungi layanan medis darurat (118). Orang awam cenderung untuk mengabaikan layanan medis darurat (EMS, Emergency Medical Service) dan cenderung untuk membawa korban dengan angkutan pribadi.

a)    Kapan Mencari Pertolongan Medis ???

Untuk mengetahui kapan anda mencari pertolongan medis, anda harus mengetahui antara cedera minor dan cedera yang mengancam nyawa. Misalnya nyeri abdomen bagian atas dapat mengindikasikan indigesti, ulkus, atau tanda dini serangan jantung. Mengi dapat dihubungkan dengan asma, sehingga orang dapat menggunakan obatnya yaitu inhaler. Tidak setiap luka robek memerlukan jahitan dan tidak setiap luka bakar membutuhkan perawatan medis. Namun demikian harus tetap berhati-hati. Jik menemukan situasi yang serius, PERTAMA-TAMA yang harus dilakukan adalah menelpon 118 atau layanan medis darurat. Jangan menelpon dokter anda, teman, keluarga, atau tetangga sebelum anda menghubungi 118 atau layanan medis darurat.

Hal-hal berikut adalah keadaan serius yang perlu menelepon 118 atau layanan medis setempat :

  • pingsan
  • nyeri atau tekanan didada atau abdomen
  • pusing, lemah, atau perubahan penglihatan secra mendadak
  • sulit bernapas atau napas pendek
  • muntah yang parah dan menetap
  • nyeri mendadak seluruh tubuh
  • perasaan ingin bunuh diri atau dibunuh
  • perdarahan yang tidak berhenti setelah 10-15 menit penekanan
  • luka terbuka dan pinggirnya yang tidak menyatu
  • masalah dengan gerakan
  • luka tusuk
  • keracunan dan over dosis obat
  • luka bakar parah
  • cedera spinal

b)   Bagaimana menelepon 118 atau layanan medis darurat setempat ?

Untuk memperoleh bantuan kedaruratan disebagian besar komunitas dengan mudah anda dapat menelepon 118 atau layanan medis setempat. Tekan 108 untuk informasi, jika anda tidak mengetahui nomor darurat. Bila anda menelepon layanan darurat, orang yang mengangkat telepon angkat meminta informasi:

lokasi korban : berikan alamat, nama jalan dan persimpangannya dan tanda lain yang lebih spesifik.

nomor telepon yang digunakan : hal ini digunakan untuk mencegah salah telepon dan mmungkinkan untuk petugas menghubungi anda lagi.

apa yang terjadi : katakan apa yang dialami oleh korban.

jumlah orang yang memerlukan bantuan dan keadaan khusus : misalnya terjadi kasus kecelakaan dijalan raya, bahan bawaan tumpah dijalan raya dan cairan tumpah dijalan.

keadaan korban : jelaskan mengenai keadaan yang dialami korban dan tindakan apa yang sudah anda berikan untuk menolong korban.

Jangan menutup telepon sampai pengangkat telepon meminta nada untuk menutup teleponnya. Jika anda meminta orang lain untuk menelepon, minta orang tersebut untuk melaporakan kembali kepada anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s