PEMERIKSAAN AWAL


Pemeriksaan awal diperlukan untuk menentukan apakah terdapat masalah yang mengancam nyawa yang memerlukan perawatan cepat. Langkah tersebut meliputi pemeriksaan :

  • responsivitas
  • jalan napas
  • pernapasan
  • perdarahan hebat

Tentukan pakah korban responsive : panggil korban dengan suara yang cukup keras agar korban mendengar. Jika korban tidak memberikan respons terhadap suara anda, tepuk atau goyangkan bahu korban secara perlahan.

Pastikan bahwa jalan napas korban terbuka : pada kasus dengan korban tidak memberikan respons, buka jalan napas dengan menggunakan maneuver mengangkat dagu-memiringkan kepala (head tilt-chin lift maneuver).

Tentukan pakah korban bernapas: lihat, dengar dan rasakan tanda-tanda bernapas.

Periksa setiap perdarahan hebat yang tampak jelas.

periksa responsivitas

Jika korban sadar dan bisa berbicara, nadi dan pernapasan tentu ada. Tanyakan pada korban siapa namanya dan apa yang terjadi. Jika memberikan respons artinya korban sadar. Jika korban berbaring tanpa gerak, tepuk bahunya dan tanyakan apakah anda baik-baik saja. Jika tidak ada respons, korban dianggap tidak memberikan respons dan anda harus menelepon 118 atau layanan medis setempat.

buka jalan napas

Pada korban yang tidak memberikan respons, jalan napas harus segera dibuka agar dapat bernapas. Jika korban sadar dan mampu menjawab pertanyaan, berarti jalan napas terbuka. Jika korban yang responsive tidak dapat berbicara atau batuk keras, jalan napas kemungkinan tersumbat dan harus dibersihkan. Pada korban dewasa atau anak yang memberikan respons, penekanan pada abdomen dapat diberikan untuk membebaskan jalan napas yang tersumbat.

Pada korabn yang telentang yang tidak memberikan respons, buka jalan napas menggunakan mengangkat dagu-memiringkan kepala (head tilt-chin lift). Begitu jalan napas korban terbuka, pemeriksaan awal dapat dilanjutkan.

periksa pernapasan

Pada langkah ini, anda memeriksa apakahkorban bernapas, dan jika ya, apakah korban mengalami kesulitan bernapas yang jelas. Bunyi pernapasan menunjukan adanya gangguan.

Bunyi abnormal Kemungkinan penyebab
Ngorok

 

Gurgling (mendenguk, napas melalui cairan)

Berkokok (suara napas menyerupai suara burung)

Mengi

 

Napas megap-megap (dikenal sebagai respirasi agonal)

Jalan napas sebagian tersumbat (biasanya oleh lidah)

Ada cairan dalam tenggorok

Jalan napas sebagian tersumbat

 

Spasme atau obstruksi parsial dalam bronkus (asma, emfisema)

Napas temporer setelah jantung berhenti.

Pada jalan napas korban yang tidak memberikan respons, biarkan terbuka, lihat, dengar, dan rasakan tanda-tanda pernapasan selama 5-10 detik. Lihat naik turunnya dada korban. Dengarkan suara napas. Rasakan keluarnya udara pada pipi anda. Jika korban tidak bernapas, anda harus memberikan dua napas awal dan breikan CPR.

periksa perdarahan hebat

periksa perdarahan hebat dengan melihat adanya darah  dari bagian atas sampai bagian bawah tubuh pakaian yang terkena darah, atau darah yang tercecer dilantai atau tanah. Jika anda melihat perdarahan hebat, control perdarahan denga tekanan.

 sumber :
Alton Thygerson, 2006, First Aid.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s