Tips sederhana untuk menghindari serangan jantung mendadak

Berikut akan sedikit saya paparkan mengenai tips dalam melakukan pencegahan dasar untuk menghindari penyakit jantung. sebelumnya telah diketahui bahwa penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu saat ini didunia. Beberapa tips ini yang bisa kita lakukan demi menyehatkan fungsi kerja jantung untuk menghindari terjadinya serangan jantung mendadak, berikut beberapa tips yang bisa saya paparkan disini :

  1. 1.    atur pola makan sehat

Makanan yang masuk dalam tubuh manusia merupakan cerminan apa sebenarnya kita. Makanan yang kita makan setiap hari bukan hanya sekedar untuk memenuhi aspek fisik kehidupan saja, namun makan juga bisa sebagai penghalang kita dalam meakukan sktifitas itu sendiri. Untukk menghindari serangan jantung yang bisa membnuh segala aktifitas kehidupan kita maka yang perlu anda perhatikan adalah hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Salah satu jenis makanan berkolesterol tinggi adalah seafood. Selain itu hindari makanan yang digoreng, apabila ingin makan makanan yang digoreng bisa melakukannya dengan menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makan tersebut. Lebih baik menyantap makanan yng dikukus maupun direbus. Hindari juga minum-minuman yang berkadar gula tinggi seperti soft drink. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat karena dalam proses metabolisme karbohidrat akan dipecah menjadi lemak dan lemak adalah salah asatu faktor penyebab serangan jantung. Menu makanan yang seimbang adalah 40% -60% yang terdiri dari karbohidrat ( nasi, kentang, sereal ), 20% – 30% lemak tak jenuh dan >15% protein nabati serta ditambah asupan vitamin dan mineral yang cukup.

  1. 2.    berhenti merokok dan hindari menghirup asap rokok

Menurut Swarth, merokok satu setengah bungkus perhari dapat mengurangi kadar vitamin C yang ada dalam tubuh sebanyak 30% – 40%. Akibat dari merokok ini tubuh harus mengganti kekurangan suplai vitamin C sebanyak 60 mg – 100 mg per hari.Sedangakan untuk perokok aktif maupun pasif, asap rokok menjadi hambatan dalam penggunaan oksigen yang menjadi faktor utama resiko penyakit kardiovaskuler. Untuk tips selanjutnya bagi perokok yang tidak bisa menghentikan rokoknya secara cepat maka dia bisa mengkonsumsi antioksidan, seperti Beta Karoten, Vitamin E, dan Vitamin C.

  1. 3.    hindari stress

Saat seseorang mengalami stress tubuhnya akan mengeluarkan hormone cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Selain itu ada hormone norephinephrine yang juga akan diproduksi saat stress yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah.menurut Swarth cara mengatasi stress adalah dengan meperhatikan asupan nutrisi dengan alasan :

–       nutrisi mempengaruhi kemampuan individu dalam mengatasi stress fisik dan mental

–       nutrisi yang buruk menyebabkan stress pada tubuh dan pikiran

–       stress meningkatkan kebutuhan akan zat-zat gizi

Tiga hal yang dibutuhkan saat stress, yaitu energy, protein, dan karbohidrat.

  1. 4.    hindari obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Penyakit yang mengiringi obesitas sangant banyak sekali dan yang tidak kalah berbahaya adalah diabetes atau kencing manis yang akan mempercepat timbulnya penyakit jantung koroner dan meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. 5.    olahraga secara teratur

Olahraga yang disaran dan baik untuk kesehatan jantung adalah berjalan kaki, jalan cepat, berenang atau jogging. Kegiatan ini bisa dilakukan 20-30 menit dalam satu minggu dalam porsi minimum.

  1. 6.    konsumsi antioksidan

Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang pada akhirnya akan menyebabkan penyumbatan. Untuk membuang sumbatan ini diperlukan adanya antioksidan yang menangkap dan membuangnya keluar. Anti oksidan banyak terkandung dalam buah dan sayur.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s