kesehatan reproduksi pria


Pemeriksaan kesehatan reproduksi untuk pria, khususnya kesuburan seperti tes sperma (spermiogram)bukan merupakan pemeriksaan rutin, sehingga hanya dilakukan bila ada permintaan atau dilakukan setelah pasangan belum mendapatkan keturunan sekian tahun menikah.

Pemeriksaan sperma sebaliknya dilakukan di klinik kesuburan atau laboratorium tertentu, untuk mendapatkan hasil yang bisa dipercaya, minimal terstandarisasi. Demikian dikutip dari buklet 100% Siap Nikah Prodia.

Abnormalitas pada hasil pemeriksaan sperma dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kebiasaan salah berendam di air panas, mengenakan celana ketat; pekerjaan di ruang panas, penyakit kelamin, bawaan lahir dan kelainan kromosom. Untuk hal ini sebaiknya dianjurkan untuk atas dahulu penyebabnya. Berikut tips singkat meningkatkan kesuburan pada pria yang disampaikan oleh dr. Frizar Irmansyah, SpOG dari RS Pusat Pertamina:

  • Lakukan pola hidup sehat, dengan diet seimbang dan berolah raga dan tidurlah dengan teratur dan cukup. Lakukan ini minimal 4 bulan sebelum rencana memiliki anak.
  • Hindari jenis olah raga keras
  • Konsumsi daging, makanan laut, bawang merah dan bawang putih.
  • Hindari pemakaian narkoba, kebiasaan merokok dan minum alkohol

3 comments

  1. sebelumnya aku ucapin trma kasih informasinya dan aku mau tanya ini apakah ada resiko bagi seorang pria yang umurnya sudah 23 thn tidak pernah ada hubungan intim dengan wanita? krn sampai skrg aku jujur tdk pernah adakan hbgn intim dg wanita dan sedang menuju umur ke 24 thn. syalom…!

    • maaf baru bisa bales, kalo berdasr yang sering saya baca tidak ada hubungannya antara peningktan usia dan tidak pernah berhubungan intim dengan faktor resiko terjadinya suatu penyakit kelamin. Yang ada adalah terjadi penurunan kualitas sperma bagi laki-laki menginjak usia tua dan semakin menurun kualitas sel telurnya bagi wanita. Sedangkan usia anda yang menginjak usia 23 tahunan itu merupakan saat yang tepat kualitas spermanya, jadi lebih baik untuk menikah.

      ini mungkin kurang begitu memuaskan jawabannya mungkin bisa bertanya yang lebih pada ahlinya. thx

    • umur 23 tahun merupakan usia yang bagus untuk produksi sperma, jadi tida masalah kalau belum pernah berhubungan dengan wanita, toh juga sperma juga keluar pada saat2 tertentu, trimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s